Selamat Hari Raya Idul Fitri 1430 H - Minal Aidin Wal Faidzin - Mohon Maaf Lahir dan Batin

Pelantikan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Trenggalek Periode 2009/2014

Jumat, 11 September 2009





(Trenggalek) Pukul 09.00 WIB bertempat di Pendopo kabupaten Trenggalek telah diadakan SUMPAH JANJI (Pelantikan) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) periode 2009 - 2014, Rabu (26/8).Acara tersebut dihadiri oleh banyak undangan yang terdiri dari para pejabat penting Trenggalek, diantaranya Bupati Trenggalek beserta wakilnya, Ketua dan anggota KPU Kabupaten Trenggalek dan dewan yang akan dilantik maupun anggota dewan yang purna tugas. Acara tersebut dibuka oleh Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek periode 2004 - 2009 yaitu Bapak Dawam Ismail yang didampingi oleh wakilnya bapak Marbani dan Sukono. Dengan mengetukkan palu pertanda acara dibuka, Dawam Ismail memimpin rapat pengambilan sumpah anggota DPRD Kabupaten Trenggalek periode 2009 - 2014. Meskipun suasana diluar aula tersebut diwarnai unjuk rasa oleh 5 orang namun acara tetap berjalan dengan lancar.

Pada acara tersebut dibacakan pula Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur oleh sekretaris DPRD yakni Bapak Mahfud Effendi. Dibacakan diantaranya nama-nama dewan yang terpilih beserta asal partai politiknya. Dari hasil Pemilu Legislatif dihasilkan 45 anggota dewan baru dan hampir 65% wajah baru yaitu 30 anggota dewan wajah baru dan 15 anggota dewan wajah lama. Adapun kursi yang paling banyak menduduki anggota DPRD Kabupaten Trenggalek yaitu PDIP mendapat 8 kursi disusul PKB 7 kursi, GOLKAR, PKS, dan DEMOKRAT masing-masing mendapat 5 kursi, PAN, Partai Pelopor dan PKNU masing-masing mendapat 4 kursi, Partai Patriot dan PDP masing-masing 2 kursi serta PKPI, PPRN dan PPP masing-masing mendapat 1 kursi.

Setelah pembacaan Surat Keputusan tersebut dilanjutkan dengan Pengucapan Sumpah/Janji Angota DPRD Kabupaten Trenggalek oleh Pengadilan Negeri Kabupaten Trenggalek. Sumpah Janji tersebut diucapkan oleh para anggota DPRD terpilih dengan hikmad dan lancar. Selanjutnya dilakukan serah terima jabatan yang diwakili Dra, Sukarti dan Lamudji keduanya tampak bahagia.

Dilanjutkan dengan serah terima Ketua DPRD sementara yakni Akbar Abas oleh Ketua DPRD lama dan menetapakan Kholiq sebagai wakil ketua DPRD sementara yakni kedua anggota dewan terpilih tersebut dipilih karena atas dasar kedua partainya mendapat kursi terbanyak.

Pelantikan anggota DPRD Kabupaten Trenggalek periode 2009 - 2014 ditutup dengan ramah tamah dan ajang photo bersama. Para anggota DPRD yang baru dilantik dan istri masing-masing diselimuti rasa kebahagiaan, nampak dari wajah-wajah mereka senyum dan tawa terus mengalir.Langsung dilanjutkan dengan ramah tamah bersama Bupati Trenggalek yang nampak sibuk memberikan ucapan selamat kepada anggota DPRD yang baru dilantik.

Adapun suasana diluar pendopo diwarnai dengan aksi unjuk rasa para aktivis dan pajangan foto-foto anggota DPRD Kabupaten Trenggalek periode 2009 - 2014. Menurut Siti Mukiyarti (politisi PKB), yang didampingi suaminya saat acara pengambilan sumpah mengatakan,” Selama 5 tahun kedepan, hari-harinya di gedung DPRD akan diisi dengan kerja untuk memikirkan peningkatan kesejahteraan wanita serta memaksimalkan pendidikan di Trenggalek khususnya pendidikan untuk usia dini, TK dan SD”. Tak lupa politisi dari PKB ini juga mengucapkan rasa terima kasih kepada konstituen yang memilihnya dan kepada KPU yang telah menyelenggarakan Pemilu secara profesional, demokratis dan aman.



0 komentar:

BannerFans.com